Apa Itu Root? Penting Gak Root Itu?

4:25 PM

Apa Itu Root? Penting Gak Root Itu?

Hallo kawan tips-sulis.

Iya kali ini kita akan membahas soal Root untuk smartphone Android, sebenarnya apa itu Root? sejenis makanan atau minuman? dan penting gak sebenarnya root itu? Okay pertama pertama kita akan kenalan dulu dengan yang namanya Root.

Apa itu Root?

Sebelumnya saya sudah googling kesana kemari dan rata-rata jawabannya sama. Root adalah semacam jembatan antara user atau pengguna dengan system sehingga sang user atau pengguna bebas keluar masuk kedalam system. Kalau kita sudah bisa masuk kedalam system kita bukan lagi user tetapi superuser. Terus apa keuntungan dari superuser? Ya kita bebas mengutak atik system.

Tetapi secara default smartphone android yang kita beli masih dalam keadaan non-root, karena apa? yapss karena pihak vendor pembuat smartphone tidak ingin user melakukan kesalahan dalam mengutak atik system dan tidak bisa mengembalikannya kesemula.

Udah paham? lanjut

Penting Gak Root itu?

Penting gak penting ini sebenarnya kembali lagi ke user, ada beberapa user yang menganggap root itu penting karna mereka paham tentang root dan ada juga yang gak penting karena mereka tidak paham atau takut. Tapi secara pribadi aku, root itu penting banget. Karena apa? Yahh karena tangan aku usil ingin utak atik sana sini hahahaha

Apa Keuntungan Dari Root?

Keuntungan atau kelebihan dari Root? sangat banyak, apa aja? nih :
  • Kita bebas keluar masuk kedalam system untuk ngoprek-ngoprek.
  • Yang doyan internetan gratis bisa ngenet gratis karena kebanyakan tools yang ada diluaran sana harus ada hak akses rootnya.
  • Memperbesar memori internal.
  • Memperbesar RAM
  • Menghilangkan iklan di dalam aplikasi
  • Mempatch aplikasi biar gratis
  • Memindahkan aplikasi ke memori eksternal
  • dll

Kekurangan Root?

Kira kira apa aja kekurangan dari root? nih :
  • Menghilangkan masa garansi ponsel kalian, tapi tenang aja bisa di unroot kok
  • Bisa merusak system ponsel bila kita tidak 'hati hati dalam mengutak atik' ponsel, hati hati ajalah jangan sampai smartphone kalian softbrick atau hardbrick
  • dll
Tapi, selama kurang lebih 3 tahun aku menggunakan smartphone android dalam keadaan root disaat masih dalam kondisi garansi alhamdulillah tidak pernah terjadi apa apa asalkan kalian paham aja apa yang sedang kalian lakukan.

Okay segitu dulu tentang Apa Itu Root? Penting Gak Root Itu? bila ada yang salah harap dikoreksi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
January 20, 2015 at 1:31 PM delete

dulu pas hp saya masih kecil romnya, saya cari bagaimana cara root, tak coba berbagai cara, dan hasilnya dalah GAGAL ROOT.hehe, parah. Tp alhamdulillah hp masih sehat. Sekarang jamannya hp android sudah gedhe roomnya, jd gak perlu diroot gak pa pa menurut saya. lagian sekarang kalau root kan ada aplikasinya, hp saya saya root dengan frama root, tp sampai sekarang belum tau gunanya apa.hehe

Reply
avatar
February 11, 2015 at 10:15 PM delete

kalo ngeroot engga melewati langkah yang udah ada/tutorial insyaallah engga akan kenapa kenapa mas. Aku dulu mau ngeroot hp aku aja sampe mikir panjang terus nanya kesana kemari dan pas hari eksekusinya malah engga terasa kalo udah engga perawan lagi ni hape :D kalo ngeroot aku lebih sering buat ngutak ngatik dalaman andro mas

Reply
avatar
December 29, 2015 at 7:44 PM delete

Masalahnya aku dh coba untuk ngeroot ni andro, pke aplikasi tp ttp aja blm berhasil. Masalhnya cm aplikasinya bnr apa gak? Barangkali punya rekomendasi untuk aplikasi rootnya. trims

Reply
avatar
January 14, 2016 at 3:48 PM delete

udah coba root pakai framaroot mas? atau coba kingroot

Reply
avatar