Pengalaman Aku dan Netbook yang Nyaris Tersambar Petir

9:31 PM
Hallo semuanya apa kabar? hmmm... Kali ini aku pengen cerita nih tentang pengalaman netbook aku yang alhamdulillah selamat dari sambaran petir. Petir.... siapa sih yang gatau ama petir mulai dari kilatannya yang bikin kaget, suaranya yang menggelegar plus getarannya yang berasa ampe di kasur muahahahahhahaaa

Nah yang satu ini aku sangat bersyukur kali bisa selamat dari sambaran petir yang tepat dibelakang aku, kejadiannya sih udah lama beberapa bulan yang lalu tapi masih terasa sampai sekarang, jadi ceritanya gini.

Pada suatu sore kira kira jam 5 pekanbaru diguyur hujan lebat terus disertai petir juga, waktu itu netbook aku aku tinggal ngecas aja dikamar seperti biasa. Karna bosan nunggu hujannya engga berhenti juga akhirnya aku putuskan buat main game di netbook buat ngilangin suntuk padahal masih ada petir, dalam hati aku berkata " game nya kan offline terus nanti dibikin mode flight aja biar ni netbook engga nyambar wifi yang lepas " jadi aku turuti lah perkataan hati aku.

Langsung aku hidupkan netbook aku yang masih tercas di colokan kemudian setelah masuk ke desktop langsung aja aku buat mode flight dan petir petir saling bersahut sahutan dibelakang aku. Oh iya posisis aku waktu itu membelakangi jendela karna aku ngikutin arah meja. aku mau main
need for speed underground karna udah lama engga main game balap. Dalam benak aku " apa engga apa apa nih main netbook pas petir petir? tapi kan hal hal yang berkaitan dengan koneksi udah aku offin" petir masih menggelegar dibelakang aku, wolesss brayyyy langsung main walaupun udah diperingatin ama petir yg agak gede =))))))))))))))

ketika lagi mau milih mobil mana yang mau dipakai tiba tiba

...........ceeetttttttttttaaaaaaaaaaaarrrrrrrrrr............. 

Ada petir yang guedeeee kali suaranyaa + kilatnya yang aduhai di belakang aku dan aku ngelihat ada cahaya terang di dinding kamar aku * pantulan cahaya kilat kali yahh * terus aku perhatikan port cas di netbook aku ada percikan api beberapa detik.


Karna saat itu aku lagi panik langsung aja aku ambil seribu langkah lari tunggang langgang ke kamar mama aku tanpa memperdulikan netbook aku yang kena sambar petir. Di dalam kamar mama aku aku cuma bisa diam menggigil alias shock! Hahahahahahaaaa dan penyesalan pun datang "kenapa yah tadi aku main sambil dicharger, haduhh rusak lah nih :| ahh sia sia " cuma itu yang terpikir sama aku waktu itu.

Agak beberapa menit aku khawatir sama keadaan netbook aku jangan jangan udah meledak pula. langsung aja aku minta kawanin mama aku ke kamar aku buat ngecek keadaan dan alhamdulillah netbook aku engga apa apa dan masih nyala waktu itu, karna gamau terulang lagi langsung aku matiin terus casnya aku cabut dengan tubuh gemetaran "jangan jangan pas aku nyabut cas nanti petirnya datang lagi buat nyambar" =))))))))

Kira kira jam setengah tujuh malam hujannya udah reda sama petirnya juga udah engga ada aku beraniin ke kamar sendirian buat ngecek netbook aku lagi, coba cek adaptor engga ada apa apa coba dicium juga engga ada aroma terbakar.

Kemudian aku cium cium juga netbook aku jangan jangan ada aroma terbakar dan alhamdulillah engga ada yang terbakar atau konslet. semenjak kejadian itu kalo aku liat langit udah mulai gelap atau hujan dan petir kecil langsung aku matiin netbook + nyabut cas biar engga terjadi lagi.

Aseli bikin senam jantung dag... dig.. dug.... Tapi masih ada yang mengganjal dipikran aku sampe sekarang, gini yahhh untuk arus listrik aku ngambilnya dari kabel lampu seperti gambar dibawah ini.


Kemudian disambung pake cok sambung, yang jadi pertanyaannya pas petir nyambar kan nyerang netbook aku tuh karna port cas netbook langsung berapi berapi tapi kenapa lampu kamar aku engga meledak atau cahayanya lebih terang sedikit beberapa detik._.

Segitu dulu lah tentang pengalaman aku, semoga kapok engga ngulanginya lagi. Bagi kalian yang hoby main atau ngenet komputer/laptop pas lagi petir petir mending hati hati kecuali nyawa kalian ada 10 terus komputer/laptop baru berserakan di ruang tamu ya gapapa. kalo kesambar nyawanya tinggal 9 terus kalo komputer/ laptonya rusak tinggal campakin ke tong sampah terus ngambil yang baru diruang tamu hahahahaaa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

Write komentar
March 2, 2015 at 5:07 AM delete

Wah untung aja enggak ya gan :D

Reply
avatar
March 2, 2015 at 12:18 PM delete

kalau bisa jangan sampe lagi ._.

Reply
avatar
March 2, 2015 at 12:27 PM delete

wah mas rolli masih bilang ada untungnya juga ya, haddewhh,,padahal sudah nyaris terkena samberan cetarrrrrrrr...!!
hehe

Reply
avatar
March 2, 2015 at 12:46 PM delete

Kirain sambaran petir ke dalam rumah saat menggunakan perangkat elektronik itu cuma mitos belaka, ternyata benar adanya yaa..

Reply
avatar
March 3, 2015 at 5:04 PM delete

Saya coba bantu analisa sedikit ya gan. Jika petir langsung mengenai kabel listrik yang terpasang di atap rumah atau yang melintang dijalan-jalan pasti gardu PLN terdekat akan mati, dan area yang dilayani oleh gardu tersebut juga mengalami listrik padam. Jadi besar kemungkinan petir tidak mengenai kabel listrik tetapi mungkin mengenai benda lain yang dekat dengan rumah agan.

Nah, energi petir itu sangat besar sekali dan memiliki radiasi energi juga. Jadi yang mengenai jaringan listrik di rumah agan adalah radiasi energi petir tersebut karena jaraknya yang berdekatan. Radiasi energi listrik ini kemudian menimbulkan lonjakan arus sesaat dan menjalar ke rumah agan dan masuk kedalam perangkat-perangkat yang terhubung dengan jalur listrik di rumah agan.

Cas laptop bisa jadi mempunyai ketahanan terhadap lonjakan arus lebih rendah dari Lampu agan yang terpasang (ingat listrik lebih suka mengalir pada media dengan tahanan rendah dibandingkan ke media dengan tahanan tinggi, itulah sebabnya listrik lebih suka dengan tembaga dibanding platik). Karena lebih rendah jadi lonjakan arus listrik lebih dulu menyerang cas laptop, nah sisanya menyerang lampu. Jadi yang jadi tumbal pertama adalah cas laptop agan.



Reply
avatar
March 3, 2015 at 10:21 PM delete

untung mbak, untung engga kenapa kenapa ._.

Reply
avatar
March 3, 2015 at 10:23 PM delete

engga mitos mas nyata udah banyak terjadi terutama handphone

Reply
avatar
March 3, 2015 at 10:29 PM delete

mas anak elektro yah bisa jelasin ampe sedetail ini :D nah iya mas lebih tepatnya radiasi, kalo engga radiasi mungkin udah meledup ya netbook aku ._. di dekat kamar aku ada antena tv outdoor, apa itu bisa jadi penyebabnya mas sehingga petirnya mendekat?

Reply
avatar