Cara Mengembalikan Bootloader GRUB Ubuntu Yang Tertimpa

8:43 PM
cara mengembalikan bootloader ubuntu

Hallo semuanya selamat malam, kemarin kan aku habis install ulang karena windows nya error ngeblank warna biru tapi bukan bluescreen ya. Setelah proses install ulangnya selesai ada yang agak ganjil "kok bootloader nya si windows yang muncul? bootloadernya ubuntu kemana yahh._."

Baca juga : Cara Menghilangkan Recent Apps dan Recent Files pada Dashboard Unity ubuntu 14.04

Berangkat dari kejadian tersebut aku langsung bergegas mencari solusinya di pencari google dan yang aku baca ternyata bootloader ubuntunya ketimpa sama bootloadernya windows. Tetapi disini ada yang sedikit lain, Bootloadernya ubuntu bisa membaca bootloadernya windows sementara bootloadernya windows tidak bisa membaca bootloadernya ubuntu. Sedikit ironis melihat ubuntu =D


Baca juga : Cara mengatasi Disk D: tidak terbaca di windows 8.1

Okelah langsung aja ya disiapin Livedvd ubuntu atau kalian juga bisa menggunakan flashdisk bootable yang tentunya udah dimasukin OS ubuntu yang sudah disesuaikan versinya. Disini aku menggunakan Ubuntu 14.04 karna sebelumnya aku sudah menginstall ubuntu 14.04 di netbook aku.
Untuk bootablenya aku menggunakan unetbootin (unetbootin.sourceforge.net). Caranya sebagai berikut :

1. Kita harus tahu dimana letak partisi Ubuntu dengan cara :
sudo fdisk -l
cara mengembalikan bootloader ubuntu
images by tretesg3t4r.blogspot.com

2. Setelah kita tahu dimana letak partisi ubuntu, contohnya di /dev/sda5. Selanjutnya ketikkan :
sudo mount /dev/sda5 /mnt
Tujuannya adalah untuk mount atau masuk ke dalam partisi tersebut kemudian kita akan menginstall kembali grubnya.

3. Setelah berhasil memount sekarang ketikkan :
sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda
Selesai, silahkan di reboot :D

Baca juga : Cara Mengirim File Menggunakan Bluetooth di Ubuntu

Aku menggunakan cara diatas dan berhasil. Untuk yang belum berhasil menggunakan cara diatas mohon maaf yah atau kalian juga bisa mencari refrensi lainnya di link dibawah. Nah sekian dulu yah mengenai cara mengembalikan bootloader grub ubuntu yang hilang  semoga bermanfaat :)

Terimakasih kepada :
http://ubuntu-indonesia.com/forums/ubbthreads.php/topics/89522/Cara_Mudah_Mengembalikan_GRUB_
http://appbuntu.com/2011/07/cara-mengembalikan-grub-ubuntu-yang-hilang-setelah-install-windows/
http://tretesg3t4r.blogspot.com/2014/05/cara-mengembalikan-grub-ubuntu-yang.html?m=1

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
May 3, 2015 at 9:52 PM delete

Agak rummit jg ya gan, ane izin belajar dulu yak, soalnya ane blm pernah pegang ubintu ;)

Reply
avatar
May 4, 2015 at 8:46 AM delete

kalo saya punya masalah pada pc biasanya saya nyuruh temen buat bnerin mas.hehe.
maklum saya bukan ahlinya.hehe

Reply
avatar
May 8, 2015 at 2:59 PM delete

Nyimak dulu mas saya masih pke Window, blum sempet coba ubuntu

Reply
avatar