7 Tips Mengurangi Rasa Malas

3:21 PM
7 tips mengurangi rasa malas
Gambar : kaskus.co.id

7 Tips Mengurangi Rasa Malas - Hallo semuanya. Kali ini ada tips yang sangat membantu nih kawan bagi kalian yang orangnya sangat malas atau mager alias malas gerak. Malas adalah kondisi diri yang tidak bergairah dalam menjalankan sesuatu. Rasa malas itu sendiri penyakit paling mengerikan yang dapat menghambat kesuksesan seseorang.

Banyak loh orang tidak berhasil akibat dirinya tidak mampu menolak rasa malas tersebut. Biasanya orang yang sukses itu tidak pernah berhenti mencoba, berusaha mencari titik kesalahan dan selalu semangat ketika menjalankan sesuatu. Oleh karena itu rasa malas itu harus dilawan kalo engga nanti berdampak negatif ke diri sendiri atau bahkan bisa ke pekerjaan kalian, bagi siswa sekolah bisa menurunkan produktifitas belajar alhasil yaaa nilainya dibawah standar. Untuk mengurangi rasa malas mungkin kalian bisa menerapkan tips mencegah rasa malas dibawah ini :

1. Menata Hidup

Rasa malas terkadang muncul akibat pola hidup yang tidak teratur dan berantakan. Kita ambil contoh aja yah seperti ketika kita bangun tidur engga merapikan tempat tidur, buku buku pelajaran berantakan, kabel kabel charger hp atau laptop yang melintang di lantai. Jika sudah demikian dan telah berlangsung lama tanpa disadari akan membuat diri kamu menanam rasa malas yang akut, oleh karenanya mulai sekarang pastikan bahwa segala sesuatu yang berantakan dalam hidup kamu disusun atau ditata menjadi lebih rapi dan teratur. Buatlah jadwal kegiatan harian kamu sedetil mungkin, dan jika kamu melihat suatu benda yang berantakan, beranikan diri untuk mengembalikan posisi benda tersebut ke tempat yang semestinya.

2. Kerjakan Hal Yang Sulit Dipagi Hari

Pagi hari itu adalah jam dimana otak berkonsentrasi tinggi dan tubuh lagi berkobar semangatnya men. Biasakan ketika kamu bangun pagi, sarapan, dan mandi, langsung kerjakan hal yang menurut kamu sulit di pagi hari. Jangan ditunda hingga siang hari, apalagi sampai larut malam. Jika banyak menunda sesuatu tentu akan menumpuk beban pikiran dan pekerjaan, ujung-ujungnya kamu menjadi malas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dan yang lebih parahnya lagi, di esok harinya pula kamu bisa lebih malas karena pekerjaan dihari sebelumnya belum terselesaikan, dirubah yah.

3. Menjauh dari Sofa dan Tempat Tidur

Apabila kiranya masih ada beberapa tugas yang harus diselesaikan, maka percepat pengerjaannya. Disamping itu jangan pernah kamu duduk di sofa untuk meluruskan kaki atau berbaring di ranjang, meski alasannya untuk beristirahat sejenak. Tanpa kamu sadari, kegaitan tesebut dapat memancing rasa malas yang benar-benar sulit untuk diusir, apalagi jika kamu duduk di sofa sambil nonton TV, tugas kamu yang semestinya selesai hari ini malah terbengkalai akibat kamu sudah lebih dulu beristirahat sebelum waktunya.

4. Berikan Motivasi Pada Diri Sendiri

kamu harus bisa memotivasi diri untuk menjauhi rasa malas. Seperti misalnya kamu perlu mandi pagi di hari libur, biasanya rasa malas sering muncul dengan berbagai alasan. Disaat seperti ini kamu tidak bisa mengikuti keinginan buruk tersebut, yakinkan diri bahwa mandi di pagi hari meski saat libur adalah hal yang wajib dan mempunyai manfaat positif terhadap diri kamu. Dengan begitu maka lambat laun rasa malas akan pergi dan kamu akan mengerjakan hal yang tadinya terasa sulit menjadi lebih ikhlas atau sukarela. Jika masih belum bisa, minta bantuan orang terdekat untuk memotivasi kamu agar dapat mengusir rasa malas.

5. Pede Untuk Menghadiahi Diri Sendiri

Setiap kamu berhasil mengerjakan sesuatu tanpa didampingi rasa malas, jangan sungkan untuk memberikan hadiah kecil kepada diri kamu sendiri. Seperti misalnya kamu bisa bangun pagi tanpa bermalas-malasan, beri ucapan selamat pada diri kamu dan berikan sesuatu pada diri kamu karena berhasil mengatasi rasa malas tersebut. Kata katanya bisa seperti ini " beres beres rumah ah terus jam 7 nanti panjatin pagar mau cuci mata alias nengokin cewek kost yang lagi senam pagi ".

6. Olahraga rutin

Olahraga merupakan kebutuhan pokok setiap manusia. Ntah kenapa yah kalo rajin olahraga itu bikin badan kita jadi semangat terus beda banget kalo engga rajin olahraga. Nah jika setiap hari kamu rajin berolahraga maka rasa semangat yang tertanam dalam tubuh seakan tak ada habisnya. Rasa malas juga bisa terjadi akibat tubuh kekurangan asupan nutrisi berupa vitamin dan kurangnya olahraga.
Maka dari itu, dalam sehari luangkan sedikit waktu, misalnya di pagi hari untuk berolahraga ringan seperti jogging selama 15 menit. Jika tidak ingin bosan, dalam seminggu bisa Anda variasikan dengan berenang, main futsal bareng teman ataupun jenis olahraga menyenangkan lainnya.

7. Hilangkan Kata Nanti

Ada apa dengan kata 'NANTI' ? kata nanti ini berbahaya men, misalnya kita lagi asik nonton terus disuruh emak buat matiin kompor tapi kita malah asik nonton dan akibatnya bisa dibayangkan sendiri yahh, sukur sukur yang hangus itu masakannya emak nah kalo rumahnya yang hangus gimana cobak. Jadi misalkan hati kita mengatakan ' ihh kok berantakan kali ya kamar aku, bersihin ah ' ikuti aja kata hati, kalo bilang nanti ya sama aja memupuk rasa malas.

Udah deh rasa malas engga usah di tanam apalagi dipupuk terus disiram ampe mekar, mending buang tuh rasa malas daripada nyesal ujung ujungnya. Okeh sekian dulu ya tips mengurangi rasa malas jangan lupa di aplikasikan ke kehidupan sehari hari jangan cuma dibaca terus dishare ke facebook twitter.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

10 komentar

Write komentar
March 1, 2015 at 3:43 PM delete

haha boleh dicoba tuh.. :D

ditunggu kunjungan baliknya gan :D

Reply
avatar
March 1, 2015 at 6:54 PM delete

Salah satu cara meberikan motivasi pada diri sendiri adalah memikirkan masa depan !! salam sukses sobat infonya sangat sangat bermamfaat bagi saya :)

Reply
avatar
March 1, 2015 at 6:56 PM delete

informasinya membuat saya termotivasi, makasih gan :)

Reply
avatar
March 1, 2015 at 9:06 PM delete

wah makasih sekali mas, infonya bermanfaat sekali

Reply
avatar
March 1, 2015 at 9:35 PM delete

terimakasih mas sudah mampir :D

Reply
avatar
March 1, 2015 at 9:37 PM delete

wahh sama sama terimakasih juga udah mampir dimari mas :D

Reply
avatar
March 2, 2015 at 7:12 PM delete

bagus tuh mas tipsnya, kalau lagi capek, menjauhi sofa jangan dululah.hehe

Reply
avatar
March 2, 2015 at 10:45 PM delete

kalo capeknya beneran capek y gapapa sih mas

Reply
avatar